Polres Pandeglang Peragakan Debus Dalam Upacara Purnawirawan

Polri218 Views

Polres Pandeglang_Hariandetik.net

Personil Polres Pandeglang bersama Bhayangkari Cabang Pandeglang tampil memukau dihadapan Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah setelah acara Upacara Pelepasan Purnawirawan di Halaman Polres Pandeglang. Mereka menampilkan peragaan bela diri dan debus, Senin (06/03/2023).

Acara yang di saksikan seluruh pejabat utama dan personil Polres Pandeglang begitu memukau melihat pertunjukan Debus dan Bela diri.

Kapolres Pandeglang mengaku baru kali pertama melihat anggotanya melakukan Debus secara langsung, dirinya mengaku hanya melihat debus dari komunitas atau padepokan.

“Jadi Debus itu bukan hanya berpikiran tentang yang kebal-kebal saja, tapi kata pak Surya selaku pelatih debus, Debus itu salah satu demonstrasi budaya Sunda.

“Jadi makna itu yang harus kita tampilkan disini, bahwa budaya Debus adalah budaya kearifan lokal dari Pandeglang yang harus kita angkat dan lestarikan, karena generasi sekarang mungkin sudah tidak tersentuh lagi dengan budaya itu,” ungkap AKBP Belny Warlansyah.

Kapolres apresiasi personil dan bhayangkari yang telah menjaga tradisi Sunda dari potensi kepunahan tergerus zaman.

“Semoga tidak ada budaya Pandeglang yang punah. Kami harapkan generasi muda kita berlomba-lomba cari ilmu pengetahuan yang secanggih-canggihnya tapi jangan lupakan kita punya kearifan lokal, budaya yang harus kita jaga, karena itu peninggalan nenek moyang kita,” tandasnya.

 

Hendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *