Polres Kudus Polda Jateng menggelar program Ikan Selayar yang merupakan akronim dari ikut andil keselamatan berlayar di tempat Wisata Air Waduk Logung Desa Kandangmas Kecamatan Dawe

Polri153 Views

Kudus -Hariandetik.net

Polres Kudus Polda Jateng menggelar program Ikan Selayar yang merupakan akronim dari ikut andil keselamatan berlayar di tempat Wisata Air Waduk Logung Desa Kandangmas Kecamatan Dawe, Kudus, Rabu (8/3/2023) pagi.

Kegiatan itu diisi dengan penyerahan jaket pelampung kepada para pemilik perahu yang ada di lokasi Waduk Logung serta pembagian Sembako kepada masyarakat sekitar. Kegiatan dihadiri PJU Polres Kudus, Danramil Dawe, Camat Dawe, Kades Kandangmas, Kades Tanjungrejojungrejo, BPBD Kab. Kudus, BWS Pamali Juana dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto dalam amanatnya, kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan Polda Jateng, program ini terbentuk dari rasa keprihatinan atas terjadinya musibah kecelakaan laut/air diwilayah jajaran Polda Jateng.

“Kegiatan ini sekaligus untuk edukasi kepada pelaku usaha wisata perahu serta sukarelawan mengedepankan SOP yang harus diperhatikan guna mencegah kecelakaan air. Agar kejadian kecelakaan wisata air yang pernah terjadi di Kedungombo tak terulang,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto saat membacakan amanat dari Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi.

Lanjutnya, faktor penyebab dari kejadian kecelakaan air tersebut merupakan kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas di perairan, seperti menaikkan penumpang melebihi daya tamping perahu wisata, penumpang tidak menggunakan alat keselamatan diri saat menaiki perahu, Nahkoda masih dibawah umur serta tidak mempunyai kompetensi dibidangnya.

Untuk itu, menurut Kapolres dalam mencegah dan meminimalisir kejadian kecelakaan laut/air di obyek wisata perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan melaksanakan kegiatan Ikan Selayar, yang pada hari ini dilaksanakan secara serentak.

“Kegaiatan ini dilakukan serentak di 35 lokasi wisata perairan dengan membagikan 3.700 buah Life Jacket kepada masyarakat perairan,” imbuh Kapolres Kudus.

Pada kesempatan itu, Polres Kudus menyerahkan bantuan jaket pelampung sebanyak 25 buaht kepada pelaku usaha perahu wisata. Para pelaku usaha perahu wisata kembali diingatkan agar melengkapi penumpang maupun pengemudi perahu tertib mengenakan jaket pelampung.

Marsidi (52) Ketua paguyuban Pokja perahu Waduk Logung Kandangmas berterima kasih dan mengapresiasi kepada personel Polres Kudus dan Polsek Dawe yang kerap mengingatkan para pelaku usaha mematuhi standar operasional prosedur (SOP) keselamatan yang sudah dibuat.

“Kami selalu mengingatkan agar penumpang tidak melebihi kapasitas dan tetap mengenakan jaket pelampung. Dari kepolisian sering memberikan pengarahan, kalau melebihi kapasitas, perahu tidak boleh berjalan” kata Marsidi.

Hendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *