July 13, 2024

 

Serang-Hariandetik.net

Polda Banten melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia cabang Banten di ruang perjamuan Polda Banten pada Rabu (08/03).

Penandatanganan perjanjian kerjasama ditanda tangani oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto yang diwakili oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif dan Ketua Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Cabang Banten dr. Agusalam Budiarso dihadiri oleh Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono, Kabidkum Polda Banten Kombes Pol Yuliani dan beberapa perwakilan Satker Polda Banten.

Dalam kesempatannya, Ketua Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Cabang Banten dr. Agusalam Budiarso mengatakan bahwa MoU ini sebagai langkah awal untuk kedepannya bisa terbina. “Kegiatan ini sebagai bentuk nyata adanya sinergisme anatara kepolisian dan kedokteran terutama dalam kasus-kasus penemuan mayat. Bidang kedokteran bisa membantu dalam menegakkan kebenaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa dikembangkan, bukan hanya korban mati tapi juga berpartisipasi dalam korban hidup,” ujar Agusalam.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto melalui Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif menyampaikan sambutannya. “Sebagaimana kita ketahui bersama tugas pokok Polri adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Maka dari itu, Polri sudah seharusnya dapat bersinergi dengan pihak instansi/lembaga terkait. Dalam hal ini kita akan melaksanakan kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama antara kepolisian daerah Banten dengan perhimpunan dokter forensik Indonesia cabang Banten,” ucap Sabilul.

Kemudian Sabilul juga menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dibidang kedokteran forensik di daerah hukum Polda Banten. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan sinergi terutama dalam hal pemeriksaan luar mayat, identifikasi personel, bedah mayat atau otopsi dan pemeriksaan gali kubur atau ekshumasi,” ujar Sabilul.

Terakhir Sabilul berharap personel Polda Banten terus mendukung kegiatan perhimpunan dokter forensik Indonesia cabang Banten supaya dapat berjalanan dengan baik. “Semoga dengan adanya kerjasama ini kita dapat saling membantu demi tercapainya pelaksanaan tugas yang baik bagi Polri maupun perhimpunan dokter forensik Indonesia cabang Banten,” tutup Sabilul.

Hendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *