July 19, 2024

 

TNI AL, Lantamal XII,-Hariandetik.net

 

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII ikuti Upacara Gelar Ops Gaktib “Waspada Wira Mandau” dan Ops Yustisi “Citra Wira Mandau” Polisi Militer TA 2023 yang diselenggarakan di

Mapomdam XII/Tpr, Jalan Rahadi Usman, Kelurahan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (08/03/2023).

 

Penyelenggaraan Ops Gaktib “Waspada Wira Mandau” dan Ops Yustisi “Citra Wira Mandau” Polisi Militer TA 2023 yang bertema “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2023, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit, Guna Menjadi Patriot NKRI, Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional” berjuan untuk Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI.

 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam XII/TPR Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., dalam amanatnya menekankan, Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan dalam menjalankan tugas. Kedua, Polisi Militer harus menjadi contoh terbaik dari ketaatan terhadap hukum dan menjadi model serta sosok terbaik dari disiplin seorang prajurit. Kehadiran dari prajurit Polisi Militer TNI bukan untuk ditakuti, tetapi justru diinginkan dan dicari. Ketiga, kuasai secara menyeluruh tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta prosedur pelaksanaan operasi dengan fokus terhadap sasaran yang akan dicapai. Keempat, kuasai dan manfaatkan perkembangan teknologi dan informasi guna mendukung pelaksanaan tugas. Kelima, jaga nama baik TNI dan perkuat sinergitas serta soliditas dengan aparat penegak hukum lainnya demi suksesnya penyelenggaraan operasi gaktib dan operasi yustisi ini.”

 

Komandan Polisi Militer (Danpom) Lantamal XII Letkol Laut (PM) Andi Risal, S.H., bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup) pada upacara ini dan memimpin pasukan upacara hingga berakhirnya upacara dengan lancar.

 

Ditekankan agar seluruh anggota Lantamal XII selaku prajurit TNI dapat mendukung sepenuhnya kegiatan Ops Gaktib “Waspada Wira Mandau” dan Ops Yustisi “Citra Wira Mandau” Polisi Militer TA 2023 tersebut dengan cara taat dan tertib hukum, sehingga tujuan Ops Gaktib untuk meningkatkan kedisplinan dan ketaatan prajurit TNI dapat terwujud dengan baik.

Lusiana

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *