June 23, 2024

Jakarta. Hariandetik.net TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Edo Bramesta menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diikuti seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal III Jakarta serta membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setyadi, S.Sos., M.Si. bertempat di lapangan apel Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (20/05/2024).

Menkominfo RI dalam sambutannya yang dibacakan Aspotmar Danlantamal III Jakarta mengatakan “Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita memilih menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan berkunjung kembali kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908 lahir organisasi Boedi Oetomo yang menumbuhkan bibit bagi cita-cita kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini”.

Selanjutnya Menkominfo RI menjelaskan “Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru dan menjadi peradaban kita hari ini. Banyak kesulitan yang berhasil diselesaikan oleh teknologi maka dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Oleh karena itu, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan dan salah satu penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5% dari total populasi. Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita atasi bersama”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Menkominfo RI menegaskan “Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Tidak mungkin lagi kita berjalan lamban karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Nurjen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *