June 23, 2024

Jakarta. Hariandetik.net TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Asisten Operasi (Asops) Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Puryanto membuka Latihan Teknis Penyidikan Tindak Pidana Tertentu di Laut TA 2024 yang diikuti Perwira dan Bintara TNI Angkatan Laut sebanyak 50 orang bertempat di Gedung Serbaguna GSG Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/05/2024).

Danlantamal III Jakarta dalam sambutannya yang dibacakan Asops Danlantamal III Jakarta mengatakan “Salah satu wujud pembinaan personel di lingkungan TNI Angkatan Laut adalah pemberian pembekalan latihan teknis penyidikan tindak pidana tertentu di laut bagi prajurit TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal III Jakarta. Kegiatan ini juga sebagai sarana bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit dalam menghadapi semakin kompleksnya permasalahan dan modus operandi pelaku tindak pidana tertentu di laut. Oleh karena itu, para Perwira penyidik dan Bintara staf penyidik harus memiliki pengetahuan dan kemampuan penegakan hukum di laut dan proses penyelidikan maupun penyidikan perkara di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) terdekat sampai dengan pada tahap P-21. Saya berharap kepada para peserta dapat mengikuti latihan ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh sehingga dapat tercapai tujuan dilaksanakan kegiatan latihan teknis ini”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Apa yang disampaikan oleh instruktur harus diperhatikan dengan baik supaya dapat menambah pengetahuan para peserta sekalian dalam memahami tentang teknis penyidikan tindak pidana tertentu di laut guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Lantamal III Jakarta. Para peserta juga diberikan materi tentang kewenangan penyidikan TNI Angkatan Laut dan cara membuat berita acara pemeriksaan (BAP) dalam melaksanakan penyidikan tindak pidana tertentu di laut. Latihan teknis ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme sebagai Perwira penyidik dan Bintara staf penyidik tindak pidana tertentu di laut dalam menjalankan tugasnya. Dengan latihan teknis ini diharapkan nantinya Perwira yang ditugaskan sebagai penyidik dan Bintara sebagai staf penyidik tindak pidana di laut agar tidak lagi ragu-ragu dalam bertindak dan mengambil keputusan sesuai lingkup kewenangannya”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Nurjen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *