June 13, 2024

Pesawaran, hariandrtik.net  – Untuk menyerap aspirasi masyarakat pulau Pahawang Kapolda Lampung Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus S.I.K., M.Si., M.M Bersama Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr Umar Effendi S.I.K M.Si. laksanakan dialog interaktif bersama masyarakat Pesawaran Kec. Marga Punduh Kab. Pesawaran , Kamis (9/3/2023).

Bertempat di Homestay Dusun 5 Pegetahan Desa Pulau Pahawang Kec. Marga Punduh Kab. Pesawaran, Hadir dalam kegiatan PJU Polda Lampung, Kapolres Pesawaran, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Zulfahmi, S.E, M. Tr. Hanla., M.M., Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, K. S.T., M.Tr.I.P., Ketua DPRD Pesawaran Suprapto., Danbrigif 4  Marinir B/S Piabung yang di wakili oleh Wadanbrigif Letkol Mar Anugerah Auliadi Santoso, M. Tr. hanla, M.M., Dandim 0421 / Lampug Selatan diwakili oleh Pabung Pesawaran Mayor Inf Ihara Warsa., Kepala Kejaksaan Negeri Pesawaran diwakili oleh Kasi intel Kajari Pesawaran Andy Pranomo, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Pesawaran diwakili oleh Panitera Yan Sudarwan,  S.H. m. Hum. Danramil Padang Cermin Kapten Cba. Siswako., Para Camat, Tokoh Adat, Agama, masyarakat dan masyarakat Pulau Pahawang.

Kapolda Lampung disambut langsung oleh kepala desa beserta masyarakat dengan penuh hangat atas kehadiran kapolda beserta rombongan, Peserta yang hadir dalam kegiatan ini di perkirakan 150 orang yang terdiri dari gabungan masyarakat desa pulau pahawang dan juga masyarakat kepulauan terdekat.

Dalam dialaog Interaktif dan tatap muka yang di laksanakan di pulau pahawang kali ini Kapolda Lampung mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat guna mencari jalan keluar tentang apa yang di risaukan masyarakat, Kapolda juga memberikan Bantuan sembako berupa beras sebanyak 5 Kwintal dan juga 10 life jacket ke kelompok nelayan desa pulau pahawang.

Banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat bahwa masyarakat ingin disediakan pos pantau kepolisian guna dapat memantau dan menjaga keamanan di pulau pahawang, mengenai banyaknya wisatawan yang datang ke pulau masyarakat meminta untuk bisa dipantau karna dikhawatirkan akan adaanya peredaran narkoba dapat mempengaruhi remaja yang berada di pulau pahawang-Kab Pesawaran

Menanggapi itu Kapolda Lampung Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus menyampaikan “saya selaku Kapolda Lampung memerintahkan kepada seluruh jajaran Polda Lampung untuk terjun langsung ke masyarakat dan mendengarkan apa yang diharapkan oleh masyarakat sehingga tugas pokok Polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat. Begitu juga dalam menjalankan fungsi penegakan hukum harus benar-benar berkeadilan masyarakat merasakan rasa adil dalam proses penegakan hukum”

Lanjutnya ia mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Pesawaran yang mengundang kami untuk melaksanakan kamis curhat pagi ini di Pulau Pahawang. Tadi beberapa pertanyaan sudah disampaikan oleh masyarakat, bahwa kita memahami ke khawatiran masyarakat yang menjadi kerisauan dari kita karena bahaya narkoba ini tidak saja menyasar anak-anak remaja dewasa bahkan orang tua. Bahwa tadi malam kami baru menangkap sekitar 16 kilogram sabu dan ekstasi oleh Polres Lampung Selatan, dan Polres Pesawaran juga beberapa minggu kebelakang sudah mengungkap peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Pesawaran artinya apa kita semua bekerja untuk mencegah peredaran narkoba di provinsi Lampung pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Pesawaran termasuk di Pulau pahawang.

“Saya tadi dapat laporan dari Pak Kapolres, untuk wilayah pulau pahawang ini sementara ini belum terindikasi atau masih minimnya permasalahan narkoba, Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada seseorang yang melakukan penyalahgunaan narkoba laporkan saja tidak usah ditutup tutupi karena penyampaian informasi ini akan mempermudah aparat keamanan untuk melakukan tindakan tindakan segera mungkin” Ujarnya

Untuk pengamanan pos polisi dari kepala desa nanti akan kita rumuskan segera dengan Bupati Pesawaran, Menurut informasi yang ditangkap Kabupaten Pesawaran adalah Kabupaten yang aman di Provinsi Lampung, kalaupun ada kejadian kriminal ini cepat tertangkap karena memang kolaborasi Polres Pesawaran dengan masyarakat itu sangat baik, baik dalam tindakan pre-emtif preventif dan Represif, Polres Pesawaran dengan rekan-rekan dari TNI juga menunjukkan kinerja yang baik. Tutup Kapolda. (Sisi)

KABIDHUMAS POLDA LAMPUNG

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

 

Email: humaspoldalampung@gmail.com
Twitter: @humaspoldalpg
FB: humas_poldalampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *