June 23, 2024

Jakarta. Hariandetik.net Dalam rangka mendukung kelancaran dan suksesnya survey-survey di laut yurisdiksi Indonesia, Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menggundang stakeholder kementerian dan lembaga yang membidangi kegiatan survey di laut untuk mencari solusi terbaik berkaitan pengamanan kapal-kapal survey bertempat di ruang Macan Tutul, Mako Koarmada RI, Kamis, (6/6).

Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. memimpin kegiatan diskusi informal yang dikemas dalam acara minum kopi bersama dengan pokok diskusi “Pengawasan dan Pengamanan Kegiatan Survey serta Pemetaan di Wilayah Perairan dan Yuridiksi Indonesiaā€¯.

Kegiatan diskusi informal ini, menghadirkan nara sumber Waka BRIN Laksamana Madya TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., IPU., Asean. Eng, Direktur Konsuler Kemenlu RI yang diwakilkan Kasubdit Perizinan Penerbangan, Pelayaran dan Legalisasi Vara Dwikhandini, Dirjen Hubla Kemenhub RI yang diwakilkan Kepala Subdirektorat Pengembangan Usaha Laut Muhamad Syaiful, ST., M.M., Tr. dan Dirwilhan Dirjen Strahan Kemhan RI Laksamana Pertama TNI Anis Rusdiyono, ST., M.M.

Pangkoarmada RI dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa luas wilayah laut Indonesia yang harus dijaga, tidak sebanding dengan Alut Sista, baik KRI maupun Pesud yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Unruk itu operasi yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut harus bersifat efektivitas dan effisian, dengan mengoptimalkan peran Inteligence dan surveillance yang merupakan bagian dari C4SR. Unsur KRI yang berada di posisi tunggu akan bergerak untuk melaksanakan pengawasan, pengamanan dan penindakan.

Kegiatan minum kopi ini sebagai sarana diskusi berkaitan dengan perizinan Persetujuan Penggunaan Kapal Asing (PPKA) dari Direktorat Konsuler Kemlu. Elektronik Clearance Approval for Indonesia Teritory (E-Cait) dan Securty Officer (SO).

Kegiatan diskusi ini, dilaksanakan secara tatap muka dan video confferance membahas pemecahan permasalahan pada pengawasan, pengamanan kegiatan survey dan pemetaan di wilayah Perairan Yuridiksi Indonesia, sehingga sesuai dengan tujuan Pembangunan Nasional Bangsa Indonesia, demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia tercinta bersama TNI, TNI AL, Bangsa dan Negara.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Nurjen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *