July 13, 2024

 

Jakarta.Hariandetik.net

Dalam rangka perpindahan tahapan latihan dari Hutan Gunung ke Rawa Laut, 500 orang Pelaku Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV melaksanakan Ketahanan Mars (Hanmars) sejauh 160 KM dari titik start Cikalong Wetan, Cianjur menuju Pantai Palangpang, Sukabumi.

 

Menggunakan perlengkapan lengkap helm, ransel dan senjata pelaku Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV menempuh 32 KM per hari selama 5 hari. Dimulai pada hari Senin, 27 Februari 2023 seluruh pelaku akan mencapai garis finish di Pantai Palangpang pada Jumat, 3 Maret 2023.

 

Medan yang beragam mulai dari turunan terjal dan tanjakan curam harus dilalui oleh seluruh pelaku latihan Standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV tanpa terkecuali. Ditambah lagi, rute yang dilewati dalam pelaksanaan Hanmars tidak selalu berupa jalan raya yang mulus tetapi juga berupa Jalan perkampungan dan perbukitan yang masih berupa batuan, serta cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pelaku latihan.

 

Bertepatan pada hari ketiga pelaksanaan Hanmars, yaitu pada Kamis, 2 Maret 2023 Pelaku Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV berkesempatan mendapatkan pengarahan oleh Waslat Kolonel Inf Abdi Iman Sakti Zebua, S.H., M.M yang sehari hari menjabat sebagai Pamen Ahli Bidang Straops Makostrad.

 

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Hanmars merupakan bagian dari tahapan latihan yang harus kalian (Pelaku) lalui, laksanakan dengan penuh semangat dan gembira. Tunjukkan aura semangat. Buktikan bahwa kalian (Pelaku) mampu melewatinya karena tidak ada hal yang tidak mungkin bagi kita prajurit Kostrad. Yakinlah di pantai palangpang nanti, semua kerja keras dan lelah kalian akan terbayar dengan kebanggaan saat baret Hijau Kostrad sudah kalian gunakan.” (Penkostrad).

 

Lusiana

Autentikasi

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *