LANTAMAL III JAKARTA LEPAS KEBERANGKATAN KAPAL PERANG AMERIKA SERIKAT USNS MILLINOCKET (T-EPF-3)

Berita, TNI29 Views

hariandetik.net Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili oleh Kepala Bengkel Listrik Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kabeng Lis Fasharkan) Jakarta Letkol Laut (T) Dwi Tatang Yulianto, S.T., M.T. melepas keberangkatan kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (United States Navy Ships/USNS) Millinocket (T-EFP-3) yang dikomandani Captain Erwin F. Lao bertempat di dermaga JICT 2 pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (27/11/2023).

Komandan Lantamal III Jakarta di tempat terpisah mengucapkan “Selamat jalan dan terima kasih atas kunjungan dan kerja sama yang terjalin dengan baik selama ini antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dalam rangka memperkuat jalinan kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia serta untuk memperkuat komitmen bersama dalam hubungan bilateral kedua negara. Kehadiran USNS Millinocket (T-EFP-3) semoga akan membawa stabilitas keamanan kawasan khususnya di Samudera Hindia. USNS Millinocket (T-EFP-3) selama dua hari berada di Jakarta terhitung mulai tanggal 26 s.d. 27 November 2023 telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperkuat kerja sama antara angkatan laut kedua negara khususnya untuk meningkatkan persahabatan, semangat navy brotherhood dan juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Srrikat”.

Kapal perang USNS Millinocket (T-EFP-3) merupakan kapal perang jenis spearhead-class expeditionary fast transport adalah kapal perang angkut logistik yang operasionalnya untuk mendukung pergeseran operasi US Army dan US Marine Corp. USNS Millinocket (T-EFP-3) merupakan model kapal katamaran (catamaran) twinhull yang kedua sisinya asimetris dengan badan kapal bagian luar streamline dan bagian dalamnya lurus dirancang untuk mampu beradaptasi dengan berbagai jenis dermaga, khususnya dermaga di negara berkembang yang kebanyakan dangkal dengan draft di bawah 4,5 meter yang sangat berguna dalam misi unloading (bongkar muat). Sebagai kapal angkut USNS Millinocket mempunyai deck yang cukup luas yakni 1.900 m2 yang dapat dimuati beragam peralatan seperti panser, truk, bulldozer dan perlengkapan zeni lainnya. Kapal model katamaran ini untuk menaikkan dan menurunkan muatan dilengkapi pintu rampa yang mempunyai kapasitas untuk menopang kendaraan hingga 100 ton. Selama dua hari berada di Jakarta melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan Atase Pertahanan Amerika Serikat antara lain special open ships dan city tour.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *