BNN RI PROTEKSI DESTINASI WISATA SUPER PREMIUM LABUAN BAJO DARI ANCAMAN NARKOTIKA

Berita, Polri28 Views

 

hariandetik.net Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose menyambangi Destinasi Pariwisata Super Premium, Labuan Bajo, yang terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (17/11).

Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu upaya extraordinary dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Pemberantasan dan Penanganan Kasus Narkotika yang telah dilakukan pada Senin (11/9) dan Kamis (12/10).

Meskipun Nusa Tenggara Timur bukanlah salah satu dari 10 provinsi yang menjadi prioritas penanganan narkotika secara extraordinary, namun Kepala BNN RI melihat potensi kerawanan yang cukup besar khususnya pada destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo dengan sejuta pesona keindahan alam yang memikat wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara tersebut.

Berlokasi di ujung barat Pulau Flores, NTT, Labuan Bajo yang berada di wilayah administratif Kabupaten Manggarai Barat ini menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang menjadi habitat bagi komodo, hewan endemik yang hanya ada di wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil pemetaan kerawanan narkotika yang dilakukan oleh BNN RI, Kabupaten Manggarai Barat menduduki posisi teratas dari 13 kawasan rawan narkotika di NTT dengan kategori waspada, sehingga perlu mendapatkan penanganan yang komprehensif dan sinergis guna mencegah meluasnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di kawasan ini.

Dalam hal ini, Kepala BNN RI hadir secara langsung di tengah-tengah masyarakat Labuan Bajo untuk melakukan dialog P4GN guna meningkatkan komitmen serta peran aktif para stakeholder dan pelaku pariwisata agar melakukan upaya-upaya pencegahan maupun pengawasan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah destinasi pariwisata super premium tersebut.

Pada momentum tersebut, Kepala BNN RI juga meluncurkan Labuan Bajo sebagai Wisata Bersinar, Bersih Narkoba, yang dikukuhkan dengan deklarasi perang melawan narkoba oleh para stakeholder di Kabupaten Manggarai Barat.

Selain itu, Kepala BNN RI juga memberikan apresiasi melalui sebuah penghargaan yang diberikan kepada Bupati Manggarai Barat atas komitmen dan dedikasinya dalam P4GN yang telah memberikan hibah tanah sebagai rencana pembentukan BNN Kabupaten Manggarai Barat, memberikan Gedung pinjam pakai untuk operasional pelaksana harian Badan Narkotika Kabupaten Manggarai Barat, melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN pada lingkup pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat, serta pembentukan Satuan Tugas P4GN di kawasan Destinasi Wisata Super Premium Labuan Bajo, Manggarai Barat.

_#warondrugs_
_#speedupneverletup_
_#accelerationforwarondrugs_

*BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *